30 March 2018

Pembukaan Kursus Menulis Online Smart Writer Gelombang Ketujuh (1 - 15 April 2018)



Assalamu'alaikum wr.wb. 


Alhamdulillah, setelah berakhirnya Kursus Menulis Private Online Smart Writer Gelombang 6 (Agustus – September 2017), kami hadir lagi dengan Pembukaan Kursus Menulis untuk Gelombang 7 (periode pendaftaran 115 April 2018).



Sama juga halnya dengan gelombang 6, pada periode kali ini, selain membuka kelas fiksi, kami juga membuka kelas nonfiksi. Mengingat buku nonfiksi selalu dicari penerbit, memiliki keberagaman jenis dan tema, serta selalu mendapat tempat di pasaran perbukuan.
Kami menyediakan pilihan paket kelas yang dapat disesuaikan dengan tujuan dan kemampuan, sebagai berikut (harga yang sama berlaku untuk kelas nonfiksi) :
  • Kelas standard, investasi Rp. 350.000,- waktu maksimal 2 bulan, (untuk nonfiksi waktu maksimal 1 bulan), peserta akan mendapatkan :
  1. modul materi lengkap penulisan novel / nonfiksi (e-modul)
  2. 2 eks novel / buku nonfiksi karya mentor,  bebas ongkir.
  3. bimbingan khusus menyusun elemen-elemen penting dalam novel / nonfiksi
  • Kelas reguler, investasi Rp. 500.000,- waktu maksimal 4 bulan, peserta akan mendapatkan :
  1. modul materi lengkap penulisan novel / nonfiksi (e-modul)
  2. 2 eks novel / buku nonfiksi karya mentor, bebas ongkir
  3. bimbingan khusus menyusun elemen-elemen penting dalam novel / nonfiksi, dan
  4. bimbingan penulisan 5 bab novel / nonfiksi.  
(Untuk kelas eksklusif dan super eksklusif, hanya dibuka atas permintaan peserta yang benar-benar serius menyelesaikan keseluruhan naskahnya). 

Sistematika mentoring :
  1. Bimbingan privat penulisan novel / nonfiksi dan komunikasi antara mentor dan peserta diselenggarakan melalui email. 
  2. Modul materi yang berisi bimbingan penulisan novel / nonfiksi akan dikirim ke email peserta, dan peserta akan dibimbing untuk menulis novel / nonfiksi sesuai tahapan-tahapan di dalam modul tersebut. (Contoh : tahap I Modul perumusan tema). 
  3. Setiap tahapan memiliki batas waktu yang harus diikuti oleh peserta. (Contoh : tahap I waktu maksimal dua minggu). Selanjutnya peserta mengirim hasil pengerjaan modul ke email mentor, (dikirim ke email : riawanielyta@gmail.com cc. leyla_hana@yahoo.com),   mentor akan mengoreksi dan memberi masukan untuk diperbaiki. 
  4. Waktu untuk mentor mengoreksi dan memberi masukan, selambat-lambatnya seminggu setelah peserta mengirim hasil pengerjaan modul ke email mentor. 
  5. Waktu untuk peserta merevisi pengerjaan modul, maksimal satu minggu setelah mentor mengirim masukan perbaikan ke email peserta. Lewat dari waktu ini, bimbingan akan dilanjutkan ke modul berikutnya 
  6. Jika ada pertanyaan terkait materi, peserta boleh mengajukan pertanyaan ke email mentor : riawanielyta@gmail.com cc. leyla_hana@yahoo.com  
  7. Jika karena sesuatu alasan yang mendesak, waktu pengerjaan modul dan revisi tidak dapat memenuhi tenggat waktu yang telah ditetapkan, waktu akan diperpanjang sesuai kesepakatan dalam batas yang sewajarnya.
Dengan sistematika ini, peserta akan terpacu untuk melakukan tahap-tahap penulisan dengan runut, memiliki konsep penulisan yang matang, dan langsung praktek menulis novel / nonfiksi di bawah bimbingan yang intensif. 
Cara pendaftaran :
  • Transfer biaya sesuai tarif kelas yang dipilih ke :
Rekening bank Mandiri nomor 109-00-1340669-9 a/n. Riawani Elyta, atau BCA 3800530091 an. Riawani Elyta
  • Kirimkan foto/scan bukti transfer beserta nama lengkap, alamat lengkap, nomor Hp ke email: riawanielyta@gmail.com  dengan subject: daftar_[paket]_[kelas novel / nonfiksi]_nulisprivat. Contoh : daftar_paket standard_kelas nonfiksi_nulisprivat.  Modul pertama akan dikirim ke email peserta paling lambat seminggu setelah pendaftaran.
  • Untuk kelas reguler, biaya dapat dicicil 2x selama proses bimbingan berlangsung.
  • Bimbingan privat akan langsung diberikan terhitung pada saat modul pertama dikirimkan.

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan (mohon dibaca baik-baik): 
Saya belum pernah menulis novel / nonfiksi, apakah saya bisa mengikuti kelas ini?
Jawab :
Bisa. Tetapi dianjurkan untuk rajin membaca novel / nonfiksi agar mengetahui unsur-unsur yang diperlukan di dalam novel / nonfiksi dan apa yang membuat sebuah novel / nonfiksi enak dibaca.

Bagaimana sistem belajarnya? Apa terdapat kelas offline atau tatap muka langsung?
Jawab :
Semua proses belajar dilakukan secara online via email, mulai dari pengiriman modul, pengerjaan tugas, revisi, dan konsultasi.

Jika di tengah proses mengikuti kelas, karena sesuatu hal saya tidak bisa melanjutkan lagi, apakah biaya investasi akan dikembalikan?
Jawab :
Biaya investasi tidak akan dikembalikan. Oleh karenanya, semua peserta dianjurkan untuk mengambil kelas standar terlebih dulu, jika peserta merasa situasi dan kondisinya memungkinkan untuk melanjutkan ke kelas berikutnya, silakan dilanjutkan dengan mengambil kelas regular.


Profil Mentor
Kedua mentor (Leyla Hana dan Riawani Elyta) adalah penulis yang sudah menerbitkan novel-novelnya di penerbit-penerbit nasional ternama, seperti Gramedia Pustaka Utama, Gagas Media, Mizan, serta penerbit-penerbit lain yang buku-bukunya  bisa dibeli di toko buku-toko buku di seluruh Indonesia. 

Riawani Elyta
Telah menghasilkan 17 novel, 7 buku duet non fiksi, dan beberapa buku antologi. Diantaranya novel : Hati Memilih, Yang Kedua (Bukune), A Cup of Tarapuccino (Indiva), A Miracle of Touch (Gramedia Pustaka Utama), The Coffee Memory (Bentang Pustaka),  Gerbang Trinil (Moka Media), Rahasia Pelangi (Gagas Media), dan lain-lain. Nonfiksi : Sayap-sayap Sakinah, Sayap-sayap Mawaddah (duet dengan Afifah Afra), Kitab Sakti Remadja Oenggoel, I Will Survive (duet dengan Oci YM). Penghargaan lomba menulis yang pernah ia raih, antara lain: Pemenang I Resensi Buku Indiva (2008), Pemenang II Sayembara Cerber Femina (2008), Pemenang Harapan Sayembara Cerber Femina (2009), Pemenang Hiburan Feature Ufuk Dalam Majalah Ummi (2009), Pemenang Favorit Lomba Menulis Cerpen Remaja Rohto-Lip Ice (2010), Pemenang II Sayembara Novel Inspiratif Indiva (2010), Pemenang I Lomba Novel Remaja Bentang Belia (2011, bersama Shabrina WS), Pemenang Berbakat Lomba Novel Amore Gramedia (2012), dan Pemenang Unggulan Novel Inspiratif Indiva (2014).

Leyla Hana
Telah menghasilkan 20 novel, 7 buku nonfiksi, dan beberapa buku antologi. Novel terbarunya adalah: Aku, Juliet (Penerbit Moka), Dag Dig Dugderan (Gramedia Pustaka Utama), dan Brisbane (DAR! Mizan). Buku nonfiksi terbarunya adalah : Suami dan Istri yang Dirindukan Surga (DAR! Mizan). Penghargaan menulis novel yang pernah diperoleh adalah Juara II Sayembara Menulis Novel Remaja Gema Insani Press (2002) dan Juara III Sayembara Menulis Novel Inspiratif Pro U Media (2009). Pendiri komunitas penulis Be a Writer (@BAWCommunity) ini juga seorang blogger aktif yang beberapa kali memenangkan lomba blog.

No comments:

Post a Comment