2 January 2018

TEMA – TEMA DALAM NOVEL DUNIA YANG MEMBUAT PENULISNYA KAYA – RAYA

 
Dulu, menjadi penulis dengan bayaran bermilyar hingga trilyunan adalah hal yang hampir – hampir mustahil. Tetapi sekarang, pekerjaan sebagai penulis tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Baru – baru ini, Forbes merilis daftar 11 penulis terkaya dunia tahun 2017 (Data yang dikeluarkan oleh Forbes itu menggabungkan antara pendapatan dari penjualan buku secara cetak, e-book, audio, televisi, film, dan opini industri ahli).

Melihat angka fantastis yang mereka hasilkan dari kreatifitas menulis bisa menginspirasi kita untuk terus berkarya menghasilkan karya tulis, siapa tahu, suatu hari nanti, pundi – pundi rupiah bisa mengalir deras dari royalti buku – buku kita dan tentunya membuat kita bisa berbagi tidak hanya inspirasi dan semangat tapi juga materi kepada sesama. Siapa saja mereka dan tema apa saja yang mereka angkat dalam karya mereka, yuk kita simak dimulai dari urutan 11.

11.  Rick Riordan
Penulis buku yang berasal dari Amerika ini telah menulis lebih dari 20 buku. Termasuk di dalamnya, seri Percy Jackson dan Kane Chronicles yang membuatnya terkenal. Buku terbaru dari Rick Riordan adalah Magnus Chase yang menceritakan demigod dari Mitologi Nordik dan petualangan Dewa Apollo di Trials of Apollo. Dari buku – bukunya, Riordan dibayar sebesar 11 juta Dolar setara dengan Rp 148,7 Milyar. Film – film yang diangkat dari novelnya dan dibintangi oleh aktor tampan Logan Lerman pun cukup sukses di pasaran.
Rick mengusung genre fantasi dalam novel-novelnya dan temanya diangkat dari mitologi dewa – dewi.

10.  Danielle Steel

Memulai karirnya pada usia 19 tahun, Danielle Steel telah menerbitkan 204 buku semenjak itu. Salah satu bukunya bahkan pernah berada dalam daftar buku terlaris The New York Times selama 390 minggu. Namanya pun terukir dalam Guinness Book of World Records berkat pencapaiannya itu. Novel – novelnya antara lain Zoya, Family Ties, A Perfect Life, Big Girl, A Good Woman dan masih banyak lagi.
Meski sebagian besar bukunya bertemakan romansa dan ditujukan untuk segmen pembaca dewasa, Danielle juga menulis buku untuk anak-anak yang mengajarkan bagaimana menghadapi masa-masa krusial dalam hidup seperti, ayah atau ibu baru, sekolah baru, kehilangan orang tersayang dan sebagainya.  Untuk karya-karyanya, Steel dibayar hingga 11 juta dolar atau setara Rp 148,7 Milyar.

9. E. L. James

E.L. James berhasil masuk dalam daftar Forbes berkat trilogi novel romansa dewasa yang ditulisnya, Fifty Shades of Grey, Fifty Shades Darker, dan Fifty Shades Freed. Ketiga film tersebut telah difilmkan dimana Dakota Johnson dan Jamie Dornan bermain di dalamnya dan film yang terakhir direncanakan akan dirilis Februari 2018 ini. Dikabarkan, saat ini E.L. James tengah menulis novel Fifty Shades Darker dari sudut pandang Christian Grey.
Untuk karyanya, James dibayar 11.5 Juta Dolar AS Setara Rp 155,4 Milyar.

8. Paula Hawkins

Paula adalah penulis berkebangsaan Inggris. Dia telah menulis 35 buku. The Girl on the Train adalah novel yang telah mengangkat namanya dan menyumbang uang sebagai penulis dengan penghasilan tinggi versi Forbes. Novel ini sendiri bergenre thriller.  Novel ini juga telah diangkat di layar lebar dan diperankan oleh Emily Blunt serta berkisah tentang seorang janda alkoholik yang terlibat dalam kasus investigasi orang hilang bernama Rachel Watson. Tahun 2017 ini Paula Hawkins kembali merilis novel bergenre thriller dengan judul Into The Water. 13 Juta Dolar, setara dengan Rp 175,7 Milyar berhasil didapatkannya dari hasil menulisnya.

7.  Nora Roberts

Dijuluki sebagai Queen of Romance atau 'Ratu Romansa', Nora Roberts telah menerbitkan kurang lebih 215 novel dan 45 novel bertemakan polisi futuristik dengan psedonim J. D. Robb. Nora terkenal karena selalu menuliskan tokoh utama wanitanya sebagai wanita karir yang sukses dan mandiri. Desember ini Nora Roberts akan menerbitkan buku novel pertamanya yang bertemakan dystopia yang berjudul Year One. Untuk novel – novelnya, Nora Roberts berhasil mengumpulkan  14 Juta Dolar AS Setara Rp 189,2 Milyar. Beberapa judul novelnya antara lain The Collector, Blue Smoke, Dark Witch, The Witness dan Playing The Odds.

6.  John Grisham

John Grisham adalah penulis Amerika yang terkenal lewat karya-karyanya yang bertemakan thriller dan hukum, pengacara, politikus dan aktivis.
Karya-karyanya yang selalu mengangkat tema hukum dan thriller ini dimulai ketika ia tidak sengaja mendengar testimoni yang mengerikan dari korban perkosaan yang baru berusia 12 tahun. Ia terinspirasi membuat sebuah novel yang mengekplorasi 'bagaimana jika ayah gadis korban perkosaan itu menghabisi si penjahat'.
Semenjak kesuksesan novel pertamanya, John selalu menerbitkan minimal satu novel setiap tahunnya. Untuk karya-karyanya, John dibayar hingga 14 Juta Dolar AS Setara Rp 189,2 Milyar.


5. Stephen King

Penulis yang disebut sebagai 'king of horror' ini berhasil menjual 1,9 Juta buku novelnya yang ke 55, End of Watch tahun lalu. Stephen King terkenal akan novel-novelnya yang bertemakan horor, fiksi gaib, fiksi ilmiah, fantasi dan penuh unsur ketegangan.
Banyak karyanya yang telah diangkat menjadi film atau diadaptasi dalam sebuah mini seri di stasiun televisi. Sayangnya, adaptasi dari novelnya jarang ada yang mampu menyaingi popularitas novelnya sendiri. Hanya dua film, The Shining (1980) dan It (2017) yang berhasil memasuki jajaran box office. 15 Juta Dolar AS Setara Rp 202,8 Milyar berhasil didapatkan King dari novel – novelnya.
Beberapa karya King antara lain It, Carrie, Misery, Cujo, The Dead Zone dan The Shining.
Catatan : tentang Stephen King pernah dibahas di artikel Smart Writer di sini

4. Dan Brown

Novelnya yang paling terkenal, The Da Vinci Code  menjadi salah satu novel terlaris di dunia dengan penjualan 80 juta kopi pada tahun 2009 dan telah diterjemahkan ke dalam 44 bahasa. Novel ini menggabungkan genre detektif, thriller  dan fiksi konspirasi sekaligus juga menjadi subyek diskusi intelektual bagi para pembaca dan penggemarnya.  Novel ini menceritakan simbolog Robert Langdon dan kriptolog Sophie Neveu setelah suatu peristiwa pembunuhan di Museum Louvre di Paris, ketika mereka menjadi terlibat dalam pertarungan antara Biarawan Sion dan Opus Dei terkait kemungkinan bahwa apakah Yesus Kristus menikahi Maria Magdalena. 
The Da Vinci Code (2006), Angels and Demons (2009) dan Inferno (2016) adalah 3 judul film yang dibintangi oleh Tom Hanks dan diangkat dari novel Dan Brown yang berjudul sama. Tahun ini Dan Brown merilis buku barunya yang berjudul Origin. Dan Brown berhasil mendapatkan 20 Juta Dolar AS Setara Rp 270,4 Milyar dari buku – bukunya.

3. Jeff Kinney

Jeff Kinney adalah penulis dibalik buku super populer The Diary of a Wimpy Kid. Semenjak diterbitkan di tahun 2007, bukunya telah terjual lebih dari 180 juta eksemplar. Selain diangkat menjadi film, The Diary of Wimpy Kid juga banyak membawa pulang penghargaan. Buku yang telah diangkat ke layar lebar pada tahun 2010 ini mengisahkan tentang kehidupan seorang pelajar menengah pertama bernama Greg Heffley (diperankan oleh Zachary Gordon) di sekolah barunya. Greg berusaha dengan berbagai cara untuk menjadi salah satu murid yang populer di sekolahnya, namun usahanya sering kali gagal karena berbagai alasan. Genre buku ini adalah komedi satire dan   Jeff juga berkontribusi dalam pembuatan website Poptropica yang ditujukan untuk anak-anak. Untuk kefenomenalan karyanya, Jeff Kinney berhasil mengumpulkan  21 Juta Dolar AS Setara Rp 283,9 Milyar.
Catatan : satire adalah gaya bahasa untuk menyatakan sindiran terhadap suatu keadaan dan biasanya disampaikan dalam bentuk ironi, sarkasme, atau parodi
 

2. James Patterson

Menjadi penulis asal Amerika yang berpenghasilan tertinggi diantara koleganya, James Patterson juga dikenal sebagai seorang filantropis. Buku yang ia tulis bertemakan cerita detektif, thriller, fiksi ilmiah, romansa dan novel yang ditujukan untuk anak remaja. James Patterson juga telah berhasil menjual novelnya sebanyak 300 juta eksemplar dan menjadi penulis pertama yang meraih penjualan 1 juta e-book. Tahun 2017 adalah tahun keempat James berhasil masuk dalam jajaran penulis berpenghasilan tertinggi yang dibuat Forbes. James berhasil mengumpulkan 87 Juta Dolar AS Setara Rp 1,1 Triliun untuk karya – karyanya. Karya – karya James Patterson antara lain Murder Games, 1st to Die, Along Came a Spiderman, Cross, 16th Seduction dan When The Wind Blows. 
Catatan : Filantropis bisa disetarakan dengan sebutan orang yang dermawan terhadap sesama.

1. J. K. Rowling

J.K. Rowling adalah penulis dibalik kesuksesan penyihir Harry Potter yang mendunia dan dunia sihir tempat Harry berasal. Setelah Harry Potter, Rowling kembali memuaskan dahaga para muggle yang rindu akan dunia sihir dengan film dan buku mengenai Newt Scamander, Fantastic Beast and Where to Find Them (2016).  Rowling juga menjawab permintaan fans dan penggemar Harry Potter dan melanjutkan seri Harry Potter di buku ke 8 yang diambil dari naskah teatrikal Harry Potter and The Cursed Child. Buku ini mengikuti perjalanan anak kedua Harry, Albus Severus Potter. Selain menuliskan kisah dari dunia penyihir, Rowling juga menulis beberapa buku lain yang bertemakan fiksi kriminal.
Baik Harry Potter maupun Fantastic Beast and Where to Find Them telah diangkat ke layar lebar dan mencatat kesuksesan mengikuti novelnya.
Dari karya – karyanya, J.K Rowling berhasil mengumpulkan hingga  95 Juta Dolar AS Setara Rp 1,2 Triliun.

Berbagai tema bisa saja diangkat dan dijadikan novel serta berpotensi untuk menjadi bestseller. Tetapi ada berbagai faktor di balik kesuksesan penulis – penulis tersebut antara lain kerja keras, riset mendalam dan kecerdasan serta kerjasama yang baik dengan pihak penerbit serta promosi yang tepat untuk menjadikan novel – novel tersebut laku dan sukses di pasaran. Jangan pernah berhenti menulis dan genre apapun yang kamu pilih, pastikan itu adalah goresan tinta emasmu di dunia penulisan.
Mari menulis.   

Risa Mutia

Sumber :
https://id.wikipedia.org
https://kbbi.web.id
https://life.idntimes.com


   

2 comments:

  1. Mantap sekali penghasilan para penulis dunia ini. Semoga saja saya yang sedang belajar menulis (alias baru mau mencoba menulis), dan juga sobat-sobat penulis lainnya bisa sukses dan terkenal seperti mereka. Aamiin.

    ReplyDelete
  2. Izin untuk sumber penulisan di blog saya, yakni untuk 2 profil penulis teratas. Terima kasih.

    ReplyDelete