17 August 2017

11 TIPS MEMENANGKAN KOMPETISI MENULIS




Dunia literatur Indonesia semakin berkembang sering perkembangan media komunikasi dan media sosial (medsos). Sebuah hal yang menggembirakan sekaligus tantangan bagi penulis untuk lebih kreatif dan produktif lagi dalam menghasilkan karya. Bentuk buku yang semula dicetak dalam hardcopy pun mulai beralih ke e-book. Selaras dengan itu, bentuk tulisan dan jenis tulisan pun semakin berkembang.
 Berbagai jenis sastra baru pun mulai dikenal. Berbagai lomba penulisan silih berganti menyemarakkan perkembangan dunia literasi. Mulai dari yang diadakan oleh instansi pemerintahan, universitas atau sekolah, penerbit indie, penerbit minor, penerbit mayor hingga perusahaan - perusahaan swasta. Setiap bulannya, selalu ada kompetisi menulis mulai dari tingkat lokal hingga nasional yang bisa kamu temui dan ikuti sebagai tantangan untuk mengasah sense menulismu sekaligus sebuah keasyikan tersendiri. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai reward mulai dari uang tunai, pulsa handphone,  tropi, piagam, voucher belanja, kosmetik, hijab, tas, kesempatan menerbitkan buku karyamu sendiri atau bersama – sama penulis lainnya dalam antologi. Termasuk beragam lomba blog.

Salah satu bentuk kompetisi menulis yang paling sering diadakan adalah lomba menulis antologi baik fiksi maupun non fiksi. Hadiah dari kompetisi ini biasanya adalah buku terbit dengan diskon tertentu untuk para kontributornya.

Beberapa alasan mengapa kamu perlu mengikuti berbagai lomba menulis antara lain :
1.      Mengasah sense menulis
2.      Membiasakan diri untuk menulis
3.      Sarana latihan untuk terbiasa menulis dengan deadline
4.      Mencipakan suasana kreatif untuk bisa mengeluarkan ide - ide untuk menulis
5.      Mengetahui seberapa bernilai tulisanmu
6.      Menambah semangat untuk terus menulis terutama jika banyak karyamu yang memenangkan kompetisi
7.      “Memaksamu” untuk rajin membaca dan melakukan berbagai riset dan pengamatan untuk mendapatkan ide – ide dan bahan untuk menulis
8.      Tentunya sejumlah reward menantimu dan bisa menambah uang saku hingga tabunganmu

Yuk simak tips dari Smart Writer untuk memenangkan berbagai kompetisi menulis  :
1.         Miliki akun sosial media seperti facebook, twitter, instagram dan juga blog.
Banyak info lomba yang berseliweran di berbagai medsos, dan syarat lomba biasanya memintamu untuk mnyebarluaskan info lomba tersebut dan men – tag penanggung jawab lomba dan teman – temanmu, jadi milikilah sejumlah akun social media untuk memudahkanmu memenuhi syarat lomba.

2.         Membaca dengan seksama syarat dan aturan lomba
Syarat dan aturan penulisan akan disertakan di setiap lomba. Mulai dari penggunaan huruf, margin, jenis huruf, ukuran huruf, tidak boleh menyinggung SARA dan sebagainya. Ada juga syarat usia dan status misalnya hanya untuk pelajar dan mahasiswa atau untuk umum, atau ada yang dibagi dalam berbagai kategori usia dan sebagainya. Ada pula syarat berapa batas minimal dan maksimal kata atau halaman dan kadang pula jumlah karakter. 
Pastikan kamu mengikuti semua syarat dengan seksama dan jangan sampai ada yang terlewat. Kepatuhan mengikuti semua syarat merupakan poin besar dalam penilaian sebuah karya.
Catatan : siapkan juga scan kartu identitasmu seperti KTP, paspor atau SIM. 

3.      Catat dengan seksama deadline dan usahakan mengirim karyamu beberapa hari sebelum deadline
Deadline lomba merupakan sebuah pemicu agar kamu bisa mengirim sesuai batas waktu yang telah ditentukan. Pastikan juga kamu rajin – rajin meng - update perkembangan lomba selanjutnya seperti seleksi naskah masuk dan pengumuman pemenang dan langkah – langkah selanjutnya jika karyamu terpilih.

4.         Gunakan EYD yang benar dan minimalkan kesalahan penulisan
Para juri dan tim penilai akan menseleksi banyak sekali hasil karya para peserta. Jangan sampai mereka menemukan kesalahan penulisan, ejaan dan EYD yang bisa menurunkan poin dan membuatmu tercoret dari ajang kompetisi. Penggunaan bahasa daerah dan asing bisa mengunakan huruf yang dicetak miring dengan sejumlah penjelasan jika perlu.
Sertakan sumber penulisan jika kamu mengikuti lomba penulisan non fiksi yang memerlukan sumber data, foto dan sebagainya.

 5.      Perhatikan kalimat non efektif yang mungkin terselip di tulisanmu
Setelah kamu menyelesaikan tulisanmu, kadangkala ada kalimat non efektif yang mungkin terselip. Jangan ragu membuangnya dan pastikan tulisanmu mengalir natural dan asyik untuk terus dibaca hingga akhir.

6.      Hasilkan tulisan yang mencuri perhatian
Tulisan yang mencuri perhatian biasanya memiliki ide yang berbeda, bisa jadi belum pernah terpikirkan dengan gaya penulisan khas yang menjadi karakteristikmu. Biasakan untuk menghasilkan ide – ide segar, menyajikan dengan cara berbeda, mencuri perhatian dari awal penulisan, memberikan sentuhan klimaks yang cetar dan diakhiri dengan manis dan cantik.  

7.      Beri judul yang eye catching
Yang pertama kali diperhatikan ketika membaca sebuah tulisan adalah judulnya. Berikan judul yang eye catching, yang membangkitkan rasa penasaran juri dan tim penilai tentang isinya.

8.      Lakukan Riset singkat dan efektif
Deadline lomba biasanya cukup singkat. Biasakan untuk mencari sumber data dengan melakukan riset singkat termasuk mempelajari teknik membaca cepat dan efektif agar karya - karyamu tidak menjadi karya kosong semata. (Baca : Tips Membaca Cepat). Karya yang memberikan wawasan lebih akan mendapatkan nilai plus. 

9.      Memahami selera penyelengggara lomba
Banyak penyelenggara lomba yang mengadakan kompetisi tahunan. kamu bisa mencari tahu karya seperti apa yang memenangkan kompetisi di tahun sebelumnya. Jika yang mengadakan lombamu adalah sebuah penerbit, cari tahu buku – buku terbitan mereka, selera tim penilai biasanya akan cenderung mirip dengan buku -  buku yang mereka terbitkan. Namun perhatikan agar tetap mempertahankan gayamu.

Beberapa novel karya mentor Riawani Elyta yang pernah memenangkan lomba menulis :
Pemenang I Lomba Novel Remaja Bentang Belia

Pemenang Berbakat Lomba Novel Amore GPU
Pemenang 2 Lomba Novel Inspiratif Indiva
Pemenang Harapan I Lomba Novel Indiva


 10.  Pastikan email, medsos dan handphonemu aktif
Setelah pengumuman lomba diposting, biasanya akan ada lanjutan dengan menghubungi sejumlah pemenang. Pastikan email, medsos dan handphonemu aktif agar pihak penyelenggara dan juga kamu tidak kesulitan untuk melakukan langkah – langkah selanjutnya.

 11.     Jujur dan niat yang baik
Kejujuran akan terlihat dari sebuah karya tulis. Jangan pernah melakukan plagiarisme yang akan menghancurkan karir menulismu. Dan sekalipun kamu mengikuti sebuah lomba, tetap niatkan bahwa tulisanmu untuk berbagi dan menjadi inspirasi, menghibur dan mengandung kebaikan dan disajikan dengan santun.

Memenangkan sebuah lomba akan membangkitkan adrenalin dan membuatmu semakin bersemangat untuk terus menulis. Sebaliknya jika kamu belum memenangkan sebuah lomba, berarti ada tantangan untuk terus berkarya hingga kamu bisa ikut mejeng di deretan pemenang lomba. Dan menjadi pemenang lomba akan memberikan prestise dan rasa yang nilainya jauh melampaui reward yang kamu peroleh.

Jadi, yuk mulai ceki – ceki info lomba dan mulai tulisanmu sekarang juga.

1 comment: