18 March 2020

4 Tips Menang Lomba Menulis

Semakin berkembangnya teknologi informasi membuat dunia literasi ikut berkembang pula. Jika dulu kita hanya mengenal literasi baca tulis sebagai literasi dasar. Kini literasi telah berkembang dan merambah ke berbagai bidang. Mulai dari dunia blogger, vlogger, hingga youtuber. Ini semua adalah pengembangan dari dunia literasi. 

Bahkan kini banyak perusahaan dan bidang usaha yang mengandalkan jasa para content creator ini untuk mempromosikan bisnis dan produk mereka. Salah satunya dengan mengadakan berbagai lomba dengan tujuan untuk mengenalkan produk yang mereka miliki.

Nah, kamu tentunya sering melihat info – info lomba yang berseliweran di media sosial seperti instagram, blog dan facebook hingga twitter. Dan kamu juga barangkali termasuk yang suka ikutan lomba – lomba ini. Ya, wajar saja karena hadiah yang ditawarkan biasanya sangat menggiurkan. Dengan keahlian mengolah kata, menuangkan hasil riset ditambah olah grafis yang oke, kamu berpeluang memenangkan hadiah yang lumayan.


Hanya saja, ternyata jumlah peminat lomba ini juga sangat banyak lho. Untuk lomba blog dengan tema yang cukup rumit dan hanya memperebutkan tiga pemenang saja, bisa diikuti hingga ratusan blogger. Bahkan ada pula pihak penyelenggara yang belum menutup deadline lombanya sebelum jumlah peserta yang ikut mencapai jumlah yang mereka harapkan.

Untuk itu, bagi kamu yang rajin ikutan berbagai jenis lomba ini, kudu punya strategi untuk meningkatkan peluang menang. Memang sih, nggak menang pun, pengalaman menulis kamu akan bertambah, tetapi tetap saja, kamu butuh menang sesekali (apalagi seringkali) untuk memacu semangat menulis.

 
Berikut Smart Writer mau bagiin 4 (empat) tips untuk meningkatkan peluang menang bagi kamu yang suka ikutan lomba menulis :

1.      Ikuti lomba yang kamu kuasai
Kamu jago bikin artikel dan non fiksi tapi info lomba yang ada adalah lomba puisi. Dan kamu tetep kekeuh ikut karena hadiahnya gede. Nah, jika kamu melihatnya sebagai sarana berlatih menulis puisi, silakan saja sih. Tapi jika kamu memang tidak menguasai bidang tersebut, ada baiknya pilih lomba yang memang kamu kuasai.

Hal ini terutama untuk materi dan tema lomba tersebut. Penguasaan materi akan terlihat dari rangkaian kalimat dalam tulisanmu. Artinya kamu tidak sekedar copas atau mengambil dari beberapa data dan info, tapi kamu memang paham dan jika perlu merupakan pengalaman pribadi.

Hal ini berlaku terutama untuk lomba nonfiksi semisal tentang review produk. Sementara jika lomba tulis fiksi, kamu yang memang menguasai bidang ini akan terlihat dari jalan cerita yang mengalir indah, tidak tersendat dan terencana dengan baik.

Tulisan yang baik akan menampakkan “ruh” penulis di dalamnya dimana ketika para juri membaca tulisan tersebut, mereka akan bisa melihat keseriusan dan tekad kuat di dalam tulisan tersebut. Dan hal ini akan lebih mudah dicapai manakala kamu memang menguasai tulisanmu dengan baik.
  
2.      Usahakan membuatnya jauh – jauh hari
Saat memutuskan ikut lomba, usahakan membuat tulisanmu jauh – jauh hari agar kamu memiliki waktu yang cukup untuk melakukan riset, mereview hingga menambah “gizi” pada tulisanmu. Tulisan yang dibuat terburu – buru juga bisa terlihat oleh juri yang berpengalaman, lho. 

Jadi, semakin berat suatu lomba, cobalah memberi space waktu yang cukup agar bisa mengeksplorasi ide – idemu dan mengeksekusinya menjadi sebuah tulisan yang indah dan mencuri perhatian.

3.      Ikuti semua persyaratan lomba
Setiap jenis perlombaan akan mensyaratkan sejumlah ketentuan dan aturan tertentu. Untuk menghindari pendiskualifikasian di awal penyeleksian, pahamilah semua syarat dan ketentuan yang ada.

Perhatikan dengan detil dan jangan sampai ada yang terlewatkan. Hal ini juga akan membuatmu terbiasa dengan detil hingga ke detil terkecil yang bisa menambah poin tersendiri untuk karya yang kamu ikutkan.

4.      Gali sisi diferensiasi
Seringkali dalam banyak lomba yang mengusung tema yang sama, terutama untuk lomba non fiksi atau review produk, para peserta akan membuat hal – hal yang terlihat “seragam”. Kamu bisa bayangkan bagaimana juri harus menilai dari ratusan tulisan yang sekilas terlihat sama.

Nah, untuk itu, meskipun tema besarnya sama, cobalah temukan diferensiasi yang membuat tulisanmu berbeda. Hal ini memang sulit. Tapi jika kamu bisa melihat sesuatu dari sudut pandang yang beda tetapi unik, dan disampaikan dengan cara yang menarik, maka insya Allah tulisanmu berpeluang menjadi pemenang.

Ada banyak faktor yang menentukan kemenangan dalam sebuah perlombaan. Dari segi teknis maupun non teknis. Dan tentu saja, kita harus mengiringi semua usaha tersebut dengan doa dan berserah kepada Tuhan Yang Maha Pemurah. Jangan menyerah dalam menulis dan mengikuti lomba. Jadikan kekalahan hari ini sebagai cambuk untuk semakin giat dan semakin baik dalam menulis.

24 comments:

  1. Bunda paling suka ikutan lomba menulis di blog, tp tentu saja yg sesuai dengan kapasitas bunda. Itupun jarang menang, hehe..tapi bunda suka sensasi menulisnya.

    ReplyDelete
  2. waaa terima kasih untuk tips tipsnya nih berguna sekai buat aku yang kadang suka pengen ikutan lomba menulis hehehe, suka penasaran pengen cobain hihihi

    ReplyDelete
  3. Yeayyy, dapat tips cethar niiih.
    Aku udah lamaaaa ngga ikutan kontes blog.
    Bismillah, mau coba lagi ahhh
    mumpung lagi #DiRumahAja :)

    ReplyDelete
  4. saya udha lama ga ikutan lomba menulis mbak, dulu sering trus ga pernah menang jadi sedih hahaha mau ah kapan2 ikutan lagi, mumpung lagi WFH kan

    ReplyDelete
  5. Sudah nggak pernah ikut lomba menulis sekarang hiks, peserta lomba menulis sekarang ini kreatif2 ya baik dari sisi tulisan dan juga ilustrasi (utk lomba di blog). Makasih banyak tips nya. Setuju bangeeeet, menulis sesuatu yang kita kuasai itu rasanya lebih mudah ya, lebih mengalir dan tidak dipaksakan. Makasih banyak buat tips nya.

    ReplyDelete
  6. Setuju mbak dengan tips menang lomba ini, jadi pelajaran buat saya dan memang harus menulis lomba yang disukai agar bisa memenangkan perlombaan ya mbak.

    ReplyDelete
  7. Intinya memang kalau lomba harus menguasai masalah ya, kalau kita ngga paham masalahnya, kebayang pasti tulisan juga nggak 'nendang' deh.

    ReplyDelete
  8. Saya udah lama gak ikutan lomba blog. Tetapi, memang dari dulu pun saya milih banget kalau ikutan lomba. Gak semua tema saya ambil

    ReplyDelete
  9. Membuat tulisan jauh0jauh hari bener banget ini kalau mepet DL ada aja halanganya nanti. Makin banyak saingan makin kita harus kreatif lagi ya

    ReplyDelete
  10. Aku belum cukup mental buat ikutan lomba nih, duh males banget rasany ningkatin kemampuan, ga boleh ditiru nih hatua segera diubah. Makasih ya mba untuk tips and triknya

    ReplyDelete
  11. Aku jarang bgt ikutan lomba nulis. Utamanya karena malas... Aduh, aku memang tidak patut ditiru 😂

    ReplyDelete
  12. Iya sih saya juga lomba blog bisa menang tuh kalau menguasai banget dan punya pengalaman dengan yg dilombakan... dan pemenangnya memang rata2 based on pengalaman sih...lebih dgn hati nulisnya jadi kejiwai. Tapi tetep aja sih g paham juga suka ikut buat nambah2 postingan n skill nulis aja..

    ReplyDelete
  13. Aku pernah mba ngalamin lupa follow akun dan lalu pernah juga lupa naruh backlink juga pernah. Intinya syarat syaratnya juga harus dpenuhi :)

    ReplyDelete
  14. Ikut lomba jadi menilai seberapa jauh kemampuan menulis dan berkompetisi itu salah satu cara belajar untuk terus mengasah kemampuan menulis. Selain itu banyak relasi. Terima kasih tipsnya sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  15. Wahhh pas banget nih artikel buat saya. Saya suka bingung kalau mau ikut lomba. Tipsnya ngena banget. Penting memang ya ikut lomba sesuai yang kita kuasai. Tidak bisa ikut semua jenis lomba. Karena memang benar, setiap tulisah harus punya 'ruh' penulisnya.

    ReplyDelete
  16. Bener banget mba nulis lomba untuk hal yg gak begitu kita kuasai emang agak susah tapi kadang hadiah gede yg bikin kita kepengen ikutan

    ReplyDelete
  17. Betul, menulis sejak jauh-jauh hari jangan dadakan seperti saya, alamat bakal kacau dan tulisan amburadul. Kalau tidak mau dilihat atau dibaca peserta lain bisa posting di hari terakhir penutupan lomba. Yang penting tulisan sudah jadi.

    ReplyDelete
  18. Asikk dapet tips dari sang ahli hehehe
    makaasih bun, aku juga pengennya nulis nggak dadakan.
    Emang kudu diperhatikan baikbaik.

    ReplyDelete
  19. ide kalau ikut sebuah lomba itu memang harus mendetail dan spesifik ya. aku mati yang menang menang lomba, selain tulisannya bagus. kontennya juga risetnya maksimal.

    ReplyDelete
  20. alhadulillah aku yang tadinya gak tau lomba blog sekrang ketagihan ikutan lomba blog nyaaaa,, emang masih harus byk belajar lagi sih

    ReplyDelete
  21. Kalau para senior nambahin, "Coba baca-baca tulisan pemenang sebelumnya."
    Karena keunikan bisa digali dari sisi pemenang tersebut.

    Semoga dengan ikut lomba, tulisan, ide dan kreativitas makin terasah.

    ReplyDelete
  22. Makasih tipsnya, jarang menang lomba karena jarang ikut lomba blog juga, mudah-mudahan jadi termotivasi setelah baca artikel ini

    ReplyDelete
  23. Team pemuja deadline hadiir. Hahaha.

    Makasih tipsnya Kak, pengen juga ngerasain menang lomba blog.

    ReplyDelete
  24. Makasi sudah menuliskan tips biar menang lomba menulis. Pengen ikutan lomba lagi memang, tapi seringnya tak maksimal euy karena deadliner garis keras banget. Padahal kalau mau menulis bagus ya mesti siapkan materi jauh-jauh hari ya

    ReplyDelete