19 June 2019

30 Menit Menulis Artikel


Saat ini, kita dengan mudah menemukan berbagai artikel, baik yang dimuat di portal berita online maupun yang terbit di media cetak. Kehadiran artikel menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang sibuk untuk memenuhi kebutuhan membaca informasi maupun untuk mengisi waktu luang. Artikel juga biasanya singkat, berisi sekitar 300 – 1000 kata yang membahas tema tertentu untuk menyampaikan sebuah fakta, realitas, pendapat, konsep maupun gagasan tertentu.

                Dilansir dari zonareferensi.com, berdasarkan definisinya secara umum, artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat mendidik atau menghibur. Dilihat dari isinya, jenis artikel dibagi lima yaitu narasi, deskripsi, argumentasi, persuasi dan eksposisi. Kehadiran artikel yang demikian marak di berbagai media turut membuka peluang yang cukup besar bagi para penulis untuk mengasah kemampuan menulisnya, sarana berbagi yang efektif dan berpotensi menambah pemasukan. Berbagai portal berita bahkan juga mengadakan lomba – lomba penulisan artikel.
Dilansir dari forum.teropong.id, artikel memiliki ciri-ciri antara lain sebagai berikut : 

  •  Isi tulisan didasari oleh fakta bukan sekedar mitos yang belum terjamin kebenarannya
  • Bersifat faktual dan informatif, mengungkapkan informasi yang berdasarkan hasil – hasil penelitian yang telah dilakukan, dan dapat di pertanggung jawabkan kebenaranya. 
  • Artikel ilmiah juga memiliki opini atau analisa pemikiran – pemikiran penulis. Akan tetapi, pemikiran itu dikuatkan / didasari oleh data valid berupa hasil penelitian sebelumnya, teori, maupun fakta yang ditulis ke dalam artikel. 
  • Menggunakan metode penulisan yang sistematis. Dengan tujuan agar semua informasi dalam artikel dapat di terima oleh masyarakat luas. 
  • Menggunakan ragam bahasa yang resmi dan baku. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan bahasa resmi yang bercirikan lugas, logis, denotatif, dan efektif, akan membuat bahasa artikel ilmiah terasa padat, dan berisi.

                Artikel juga bisa dijadikan ajang latihan untuk menulis sebuah buku. Terbiasa menulis artikel akan membuat proses menulis buku menjadi lebih mudah. Karena sedemikian menariknya menulis artikel, maka buat kamu yang tertarik untuk menulis jenis tulisan ini bisa segera merealisasikannya. Apalagi, saat ini terdapat banyak sekali media online maupun situs perusahaan yang membutuhkan penulis artikel dan penulis konten untuk mengisi web mereka secara rutin. Saat ini, orientasi penulisan artikel lebih ditujukan kepada kuantitas. Semakin banyak artikel yang layak dipublikasikan, akan berdampak positif terhadap profit perusahaan. Dampak positifnya bagi penulis, standar kelayakan publikasi menjadi lebih longgar, namun di sisi lain, penulis artikel di era millenial harus mampu menghasilkan tulisan dalam jumlah banyak dan menarik perhatian pembaca. Berikut tips bagi penulis artikel era millenial untuk menghasilkan artikel dalam waktu 30 menit bahkan kurang :
1.         Tentukan ide, tema dan judul
Menulis apapun harus berangkat dari sebuah ide dan tema. Setelah menetapkan tema dan ide, kita bisa langsung menulis judulnya. Buatlah judul yang spesifik yang menggambarkan isi dan tujuan penulisan artikel. Usahakan judul tersebut ‘eye catching’, langsung menarik mereka yang membacanya. Atau boleh juga judul ditulis setelah selesai menulis artikel. Jangan terpancing untuk menulis judul yang provokatif dan hiperbolis padahal isinya tidak mencerminkan demikian. Proses menentukan ide dan tema di awal menulis ini juga sangat membantu kita untuk menulis secara efektif.
2.         Tulis draft dan cari referensi
Setelah menetapkan tema, tulislah draft artikel sesuai apa yang kita ketahui. Setelah itu cari referensi yang mendukung tema. Bisa dari buku ataupun internet. Atau mungkin pula pengalaman pribadi yang telah teruji kebenarannya. Proses menulis terlebih dahulu menjamin karya kita lebih orisinil, ketimbang mencari referensi terlebih dahulu baru menuliskannya. Karena penulis yang ingin menghasilkan karya dalam waktu cepat, cenderung terdorong untuk mengambil isi dari referensi dan hanya mengutak-atik kalimat seperlunya.

 
3.         Penyuntingan
Saatnya eksekusi. Setelah draft artikel selesai ditulis, referensi yang mendukung telah ditambahkan, lakukan penyuntingan meliputi kesalahan pengetikan, pembuangan kata atau kalimat tak efektif, penyelarasan kalimat dalam sebuah paragraf dan lain-lain, sehingga keseluruhan artikel menjadi artikel yang menarik dan selaras dengan ide, tema, judul, isi dan tujuan penulisan.
4.         Fokus, fokus dan fokus
Saat menulis artikel, fokuskan pikiran kita sepenuhnya untuk menyelesaikan artikel. Jangan terdistraksi dengan sosial media ataupun komunikasi digital di ponsel kita. Dengan demikian, kita dapat memenuhi target untuk menyelesaikan artikel dalam waktu 30 menit atau bahkan kurang.

Menulis artikel memiliki manfaat yang luas dan beragam. Jika kita penyuka artikel dan lebih mudah untuk menulis tulisan bernapas pendek, tak ada salahnya untuk mulai berlatih menulis artikel. Dengan cara ini, gagasan dan pengetahuan yang kita miliki bisa dibagikan dan bermanfaat bagi mereka yang membacanya, kita jadi terlatih untuk menulis dan berpeluang menambah penghasilan dengan menjadi penulis artikel yang produktif.  Yuk mulai ketik artikelmu.

2 comments: