21 December 2016

TIPS DAN MANFAAT MENULIS ARTIKEL



TIPS DAN MANFAAT MENULIS ARTIKEL
Hai, hai. Kali ini Tim Smart Writer akan membahas seputar artikel, jenis tulisan yang sangat banyak kita jumpai baik di media massa cetak maupun elektronik.

Menulis artikel merupakan latihan menulis yang sangat baik. Selain kamu bisa menyampaikan ide dan gagasan yang pastinya harus berdasar fakta, menulis artikel biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama. Rata – rata waktu dibutuhkan jika ide sudah ada di kepala ditambah menyiapkan beberapa literatur pendukung, maka sekitar 30 menit, kamu sudah bisa menghasilkan sebuah artikel.

Artikel sendiri adalah sebuah tulisan faktual dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan ( melalui koran, majalah, buletin dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik dan menghibur (www.artikelind.com)
Ciri – ciri artikel secara umum adalah :
      1.      Didasari atas fakta, bukan khayalan atau fantasi penulis
      2.      Berisi tulisan yang singkat, padat, jelas dan tuntas
      3.      Hasil tulisannya original
      4.      Sifatnya faktual dengan mengungkapkan data yang diketahui oleh penulis
     5.      Isi artikel bisa berupa pemaparan mengenai biografi seseorang,  peristiwa, kisah perjalanan, argumentasi, hasil riset, berita terkini, saran, tips dan sebagainya
      6.      Gagasan yang diangkat harus menyangkut kebutuhan para pembaca atau khalayak ramai

Saat ini banyak penulis bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan dari menulis artikel. Agensi – agensi artikel hingga lomba – lomba artikel banyak bermunculan. Di Indonesia sendiri bayaran per artikel berkisar antara 10 ribu sampai 50 ribuan. Namun ada juga yang dibayar lebih. Beda lagi kalau kamu ikut lomba menulis artikel, tentunya ada peluang mendapatkan hadiah yang lebih besar.

Ada juga situs freelancer dimana kita bisa mendapatkan bayaran lebih besar sekitar $5-$10. Bayaran di sini lebih besar karena tulisan tersebut dijual ke pihak yang membutuhkan artikel untuk mengisi konten di website mereka namun mereka tidak memiliki waktu untuk membuat artikel tersebut. Beberapa situs freelancer di Indonesia antara lain :
http://www.ruangfreelance.com
http://itx.web.id/lowongan-penulis/
https://www.freelancer.co.id
www.gajimu.com
SribuLancer.com
http://gobann.com
http://www.serba50ribu.com/

Sedangkan situs luar negerinya :
www.odesk.com
http://contentwriter.com
http://artikelq.com
Freelancer
Eleance.com
Fiverr.com
Peopleperhour.com

Kamu cukup masuk ke situs-situs di atas lalu mengisi data lengkap, selanjutnya kamu akan melihat penawaran menulis dan jika mau, silakan diambil. Jika peminta artikel merasa artikelmu sesuai dengan yang mereka minta, maka kamu akan mendapat bayaran untuk artikel tersebut.

Ada lagi situs Lowongan Penulis Lepas dimana bayaran untuk satu artikel berbahasa Indonesia adalah 55 ribu dan bahasa Inggris 75 ribu per artikel. Tema yang diminta berkisar tentang online marketing atau bisnis online maupun offline dan terdiri dari sekitar 1000 kata atau 3 halaman.

Sebenarnya apa manfaat dari menulis artikel itu sendiri ?
Berikut beberapa manfaatnya versi Smart Writer :
      1.      Merupakan sarana menulis yang baik
Kamu punya ide, gagasan atau pemikiran tentang sesuatu, maka kamu bisa menuangkannya ke dalam artikel. Tidak butuh waktu lama, Kamu sudah bisa menghasilkan sebuah tulisan yang tuntas.

      2.      Bisa menjadi salah satu sumber penghasilan
Seperti sudah dibahas di atas, kamu bisa menjadi penulis artikel berbayar dengan menemukan situs yang tepat, jadi mengapa tidak mencobanya.

      3.      Menambah pengetahuan karena menulis artikel menuntut kamu untuk lebih rajin membaca
Menulis artikel membutuhkan banyak fakta pendukung yang bisa kamu dapatkan tentunya dengan banyak membaca. 

      4.      Sarana berbagi informasi dan gagasan yang cerdas
Kamu sering bingung untuk berbagi pemikiran, maka menulis artikel merupakan sebuah sarana cerdas untuk menuangkan ide – ide, gagasan maupun ajakan kepada pembaca untuk melakukan sesuatu. 

      5.      Melatih untuk menulis buku
Dari sebuah artikel, kamu bisa mengembangkannya menjadi buku. Makin banyak menulis artikel, kamu akan tertantang untuk menghasilkan sebuah buku. Cobalah membiasakan untuk menulis artikel, maka keinginan untuk menulis buku akan bertambah besar.

             6.      Melatih kamu menghindari stack zone dalam dunia penulisan
          Salah satu masalah yang dihadapi penulis ketika menulis buku adalah terbentur dengan stack zone alias kehabisan ide ketika menulis. Dengan terbiasa menulis artikel, kamu terbiasa untuk mengeksekusi ide hingga selesai dengan runut. Hal ini akan menjadi kebiasaan yang baik ketika kamu menulis sebuah buku.

           Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menulis sebuah artikel. Apa saja itu? Yuk kita kulik :
1.      Pikirkan sebuah ide atau gagasan yang kira-kira menarik untuk dibahas dan memancing rasa ingin tahu pembaca

 
2.      Pilihlah judul yang mencuri perhatian pembaca, yang eye catching misalnya : Jangan Makan Makanan Ini Jika Tidak Ingin Berat Badanmu Turun Terus
3.      Gambarkan isi artikel itu di kepalamu, cari literatur pendukung lalu eksekusi sesegera mungkin sebelum ide tersebut menguap
4.      Gunakan bahasa yang sistematis, padat, mengalir namun mudah dipahami oleh pembaca
5.      Berikan poin – poin untuk mempermudah pembaca dalam memahami isi artikel.
6.      Artikel secara umum ada yang berbentuk naratif, deskriptif, persuasif atau gabungan dari semua bentuk tersebut.
Narasi dan deskripsi umumnya diberikan di awal, persuasif di tengah atau gagasan inti dari artikel dan diakhiri oleh kesimpulan yang berbentuk narasi kembali.
Gunakan bahasa yang menarik dan singkat di narasi dan deskripsi dan bahasa yang persuasif untuk menarik pembaca kepada gagasan atau ide dari penulis.
7.      Jika artikel telah selesai, jangan lupa untuk mereview beberapa kali untuk mengecek ejaan dan isi dari keseluruhan artikel.

Tidak dibutuhkan waktu lama untuk menulis sebuah artikel. Dengan jam terbang tinggi, kemampuan dan kecepatan menulis artikel akan semakin meningkat. Artikel merupakan sarana latihan yang sangat baik untuk kemudian menghasilkan sebuah buku. Peluang menjadi penulis artikel berbayar pun bisa merupakan sebuah tawaran yang menarik. Jadi yuk mulai menulis artikelmu sekarang.  ;)

*******

Riawani Elyta
Risa Mutia

 
Sebagian tulisan dari :
bisnisonlinegratisan.com
www.anisae.com
www.seputarpengetahuan.com

1 comment: