5 December 2016

14 Tips Menjaga Kesehatan Mata

14 Tips Menjaga Kesehatan Mata
Pada artikel – artikel sebelumnya, kita telah membahas berbagai tips tentang menulis novel dalam berbagai genre hingga berbagai segmen usia. Kali ini, sebelum Smart Writer membahas tentang tips – tips keren lainnya seputar dunia penulisan, mari kita kulik sebuah bahasan yang merupakan hal penting bagi seorang penulis yaitu kesehatan mata. 

Tak bisa dipungkiri, aktivitas menulis apalagi jika dikejar target deadline, membuat tubuh harus ekstra fit agar bisa memenuhi target. Selain tubuh yang fit, kondisi kesehatan mata juga mutlak dijaga oleh seorang penulis. Penulis harus sering berhadapan dengan komputer atau laptop dan juga harus banyak membaca untuk riset tulisannya sehingga mata yang sehat dan terjaga menjadi aset utama.

Berikut beberapa tips dari Smart Writer untuk kamu para penulis agar tetap punya mata sehat dan  cemerlang serta tetap produktif menghasilkan tulisan dimanapun dan kapanpun :

1.         Banyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A
Vitamin A adalah kelompok senyawa yang termasuk antioksidan bagi tubuh. Senyawa ini menjadi kunci penting untuk kesehatan mata,  mendukung sistem pertumbuhan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Fungsi lain vitamin A adalah untuk mensuplai selaput lendir pada bagian mata.
Contoh buah yang mengandung vitamin A antara lain buah apel, nanas, anggur, kesemek, kiwi, tin, alpukat, kurma, labu, jeruk, semangka, jambu biji, papaya, mangga, markisa dan melon. Sedangkan sayur yang banyak mengandung vitamin A antara lain ubi jalar, wortel, bayam, sawi, kalian, lobak hijau, cabai, selada, kacang kapri, brokoli, paprika merah, tomat.
Beberapa jenis makanan lain yang mengandung vitamin A antara lain beberapa jenis ikan seperti tuna, makarel dan salmon, hati ayam dan sapi, mentega, susu, telur, keju dan yogurt.

2.    Jaga pencahayaan yang tepat selama aktifitas menulis dan membaca
Jangan melakukan aktifitas membaca dan menulis ketika pencahayaan kurang. Kurangnya cahaya akan memaksa mata bekerja lebih keras untuk menyesuaikan kebutuhan mata akan cahaya. Hal ini akan membuat otot mata cepat lelah dan bisa berpengaruh ke kinerja mata jangka panjang.

3.         Rajin melakukan pijat mata setelah beraktivitas
Ada beberapa gerakan pijat mata ringan yang bisa kita lakukan. Ada juga alat khusus untuk melakukan pijat mata. Apapun teknik pijat mata yang kamu pilih, pastikan itu aman untuk dilakukan, karena area mata sangat sensitif dan sangat dekat dengan berbagai syaraf di area wajah.

4.         Gunakan timun untuk mengompres mata
Jika mata lelah, gunakan potongan timun yang diiris tipis dan telah didinginkan untuk mengompres mata. Gunakan sampai mata merasa segar, lebih kurang 15 menit.

5.         Setelah mengetik 15 – 30 menit, istirahatkan mata selama minimal 3 menit, pandang jauh, lebih baik lagi memandang yang hijau-hijau seperti pohon lalu relakskan mata.

6.         Rajin mengedipkan mata untuk menghindarkan mata dari kekeringan
Seringkali ketika kita banyak beraktivitas menggunakan mata, kita lupa berkedip, padahal mata membutuhkan kelembaban terutama pada bagian retina yang bisa didapatkan ketika banyak berkedip. Jadi, bagaimanaupun sibuknya kamu, jangan lupa rajin berkedip ya.

7.         Menggunakan mata pada jarak yang tepat 
Jarak baca dan menulis yang aman adalah 30 - 40 cm. Juga sangat penting membaca dengan posisi tubuh yang tepat, yaitu tidak sambil tiduran walaupun posisi ini sangat menyenangkan. Demikian juga ketika menulis, usahakan postur tubuh yang tepat, tidak bungkuk dan tubuh serelaks mungkin.

8.         Hindari melihat cahaya secara langsung dan gunakan kacamata pelindung anti UV ketika terpaksa beraktivitas di luar ruangan dengan intensitas cahaya matahari sedang tinggi –tingginya.

9.         Kurangi penggunaan tetes mata
Terlalu sering menggunakan tetes mata pada jangka panjang malah akan merusak kesehatan mata, jadi gunakan sesekali saja ketika mata benar-benar bermasalah.

10.     Hindari penggunaan lensa kontak lebih dari 19 jam
Hal ini akan menyebabkan kerusakan mata permanen. Jika kamu pemakai lensa kontak, kamu harus benar – benar memilih lensa kontak yang aman dan menggunakannya secara tepat. Pengguna lensa kontak juga dianjurkan untuk menghindari aktivitas di tempat yang banyak debunya.
Hindari juga menggunakan kacamata terus-menerus dan sesekali melakukan pembersihan kacamata di toko optik.

11.      Gunakan pelindung mata saat bekerja di sekitar bahan kimia, tempat dengan partikulat yang berbahaya dan ketika berkendara roda dua.
Banyak zat-zat berbahaya juga debu yang bisa merusak mata kita. Penting untuk melindungi mata agar tidak menimbulkan kerusakan pada mata.

12.     Usahakan tidur dengan lampu redup untuk melindungi mata ketika tidur.

13.     Melatih otot mata
Bukan hanya tubuh yang membutuhkan latihan. Mata pun butuh latihan agar syaraf – syarafnya terasa relaks. Coba praktekkan beberapa gerakan senam otot mata yang bisa kamu pelajari dari berbagai sumber.

14.     Pergi ke dokter jika perlu
Jika kamu telah melakukan tips – tips di atas namun masih mengalami masalah pada mata, segera temui dokter mata langganan kamu ya. Jangan tunggu sampai parah.

Mata yang merah dan terasa pedih hingga kepala yang terasa pusing juga mengindikasikan kalau mata kamu butuh istirahat dan perawatan. Jangan abaikan sinyal – sinyal yang datang dari mata dan segera lakukan penanganan yang tepat.
Yuk jaga kesehatan mata agar kita menjadi penulis dengan mata cemerlang dan tetap produktif.

Sumber : dari berbagai sumber 

Risa Mutia

1 comment: