1 March 2016

Pembukaan Kursus Menulis Private Online Smart Writer Gelombang 4


 Assalamu'alaikum wr.wb. 

Sebelumnya kami ucapkan terima kasih kepada semua teman-teman yang sudah mengikuti 1stgiveaway Smart Writer. Nantikan pengumuman pemenangnya insya Allah pada pertengahan bulan Maret ini ya. Dan sesuai permintaan, kami kembali membuka Kursus Menulis Private Online Smart Writer Gelombang 4 (pendaftaran 1 Maret – 1 April 2016).

Pada periode kali ini, selain membuka kelas fiksi, kami juga membuka kelas nonfiksi. Mengingat buku nonfiksi selalu dicari penerbit, memiliki keberagaman jenis dan tema, serta selalu mendapat tempat di pasaran perbukuan.

Kami menyediakan pilihan paket kelas yang dapat disesuaikan dengan tujuan dan kemampuan, harga belum berubah sejak Gelombang I, sebagai berikut (harga yang sama juga berlaku untuk kelas nonfiksi) :


  • Kelas standard, investasi Rp. 300.000,- waktu maksimal 2 bulan, (untuk nonfiksi waktu maksimal 1 bulan), peserta akan mendapatkan :
  1. modul materi lengkap penulisan novel / nonfiks
  2. 2 eks novel / buku nonfiksi karya mentor yang bisa dipilih peserta,  bebas ongkir.
  3. bimbingan khusus menyusun elemen-elemen penting dalam novel / nonfiksi
  •  Kelas reguler, investasi Rp. 450.000,- waktu maksimal 4 bulan, peserta akan mendapatkan :
  1. modul materi lengkap penulisan novel / nonfiksi,
  2. 2 eks novel / buku nonfiksi karya mentor yang bisa dipilih peserta, bebas ongkir
  3. bimbingan khusus menyusun elemen-elemen penting dalam novel / nonfiksi, dan
  4. bimbingan penulisan 5 bab novel / nonfiksi.
  •   Kelas eksklusif, investasi Rp. 650.000,-,waktu maksimal 6 bulan, peserta akan mendapatkan :
  1.  modul materi lengkap penulisan novel / nonfiksi
  2.  2 eks novel / buku nonfiksi karya mentor yang bisa dipilih peserta, bebas ongkir.
  3.  bimbingan khusus menyusun elemen-elemen penting dalam novel / nonfiksi, dan
  4.  bimbingan penulisan novel / nonfiksi hingga selesai,
  •   Kelas super eksklusif, investasi Rp. 900.000,- waktu maksimal 9 bulan, peserta akan mendapatkan :
  1. modul materi lengkap penulisan novel / nonfiksi
  2.  2 eks novel / nonfiksi karya masing-masing mentor yang bisa dipilih peserta, bebas ongkir
  3. bimbingan khusus menyusun elemen-elemen penting dalam novel / nonfiksi
  4. bimbingan penulisan novel / nonfiksi hingga selesai
  5. editing,
  6. rekomendasi penerbit yang tepat.

 Sistematika mentoring :
  1. Bimbingan privat penulisan novel / nonfiksi dan komunikasi antara mentor dan peserta diselenggarakan melalui email. 
  2. Modul materi yang berisi bimbingan penulisan novel / nonfiksi akan dikirim ke email peserta, dan peserta akan dibimbing untuk menulis novel / nonfiksi sesuai tahapan-tahapan di dalam modul tersebut. (Contoh : tahap I Modul perumusan tema). 
  3. Setiap tahapan memiliki batas waktu yang harus diikuti oleh peserta. (Contoh : tahap I waktu maksimal dua minggu). Selanjutnya peserta mengirim hasil pengerjaan modul ke email mentor, mentor akan mengoreksi dan memberi masukan untuk diperbaiki. 
  4. Waktu untuk mentor mengoreksi dan memberi masukan, selambat-lambatnya seminggu setelah peserta mengirim hasil pengerjaan modul ke email mentor. 
  5. Waktu untuk peserta merevisi pengerjaan modul, maksimal satu minggu setelah mentor mengirim masukan perbaikan ke email peserta. Lewat dari waktu ini, bimbingan akan dilanjutkan ke modul berikutnya 
  6. Jika ada pertanyaan terkait materi, peserta boleh mengajukan pertanyaan ke email mentor : riawanielyta@gmail.com cc. leyla_hana@yahoo.com  
  7. Jika karena sesuatu alasan yang mendesak, waktu pengerjaan modul dan revisi tidak dapat memenuhi tenggat waktu yang telah ditetapkan, waktu akan diperpanjang sesuai kesepakatan dalam batas yang sewajarnya.
Dengan sistematika ini, peserta akan terpacu untuk melakukan tahap-tahap penulisan dengan runut, memiliki konsep penulisan yang matang, dan langsung praktek menulis novel / nonfiksi di bawah bimbingan yang intensif.


Cara pendaftaran :
  • Transfer biaya sesuai tarif kelas yang dipilih ke :
Rekening bank Mandiri nomor 109-00-1340669-9 a/n. Riawani Elyta, atau BCA 3800530091 an. Riawani Elyta

  • Kirimkan bukti transfer beserta nama lengkap, alamat lengkap, nomor Hp ke email: riawanielyta@gmail.com  dengan subject: daftar_[paket]_[kelas novel / nonfiksi]_nulisprivat. Contoh : daftar_paket standard_kelas nonfiksi_nulisprivat.  Modul pertama akan dikirim ke email peserta paling lambat seminggu setelah masa pendaftaran selesai (1Maret – 1 April 2016).
  • Untuk kelas eksklusif dan super eksklusif, biaya dapat dicicil 3x selama proses bimbingan berlangsung.
  • Bimbingan privat akan langsung diberikan terhitung pada saat modul pertama dikirimkan.

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan (mohon dibaca baik-baik): 

Saya belum pernah menulis novel / nonfiksi, apakah saya bisa mengikuti kelas ini?
Jawab :
Bisa. Tetapi dianjurkan untuk rajin membaca novel / nonfiksi agar mengetahui unsur-unsur yang diperlukan di dalam novel / nonfiksi dan apa yang membuat sebuah novel / nonfiksi enak dibaca.

Bagaimana sistem belajarnya? Apa terdapat kelas offline atau tatap muka langsung?
Jawab :
Semua proses belajar dilakukan secara online via email, mulai dari pengiriman modul, pengerjaan tugas, revisi, dan konsultasi. Untuk saat ini kami tidak mengadakan kelas offline.

Kelas mana yang sebaiknya saya pilih, jika saya tidak pernah menulis novel / nonfiksi sebelumnya?
Jawab :
Untuk semua peserta, baik yang sudah pernah menulis atau belum, harus mengambil paket kelas standar terlebih dulu, karena di kelas ini akan diberikan tips penting membangun pondasi dari sebuah novel / nonfiksi.

Jika di tengah proses mengikuti kelas, karena sesuatu hal saya tidak bisa melanjutkan lagi, apakah biaya investasi akan dikembalikan?
Jawab :
Biaya investasi tidak akan dikembalikan. Oleh karenanya, semua peserta dianjurkan untuk mengambil kelas standar terlebih dulu, jika peserta merasa situasi dan kondisinya memungkinkan untuk melanjutkan ke kelas berikutnya, atau berkeinginan kuat menulis novel / nonfiksinya sampai selesai, silakan dilanjutkan dengan mengambil kelas regular, eksklusif, atau supereksklusif sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Jika saya tidak bisa menyelesaikan novel pada tenggat waktu yang telah ditetapkan, apakah saya masih berhak mendapat bimbingan?
Jawab :
Jangka waktu untuk masing-masing kelas sangat longgar dan fleksibel. Contohnya untuk kelas supereksklusif,  jangka waktunya adalah 9 bulan. Jika dalam tenggat waktu tersebut peserta tidak dapat menyelesaikan, akan diberi kelonggaran jeda waktu sesuai batas yang disepakati antara peserta dengan mentor. Jika lewat dari batas itu peserta masih ingin mendapatkan bimbingan dan pendampingan, maka peserta akan dikenai biaya extention sebesar Rp.100.000,-/bulan.

Profil Mentor

Kedua mentor (Leyla Hana dan Riawani Elyta) adalah penulis yang sudah menerbitkan novel-novelnya di penerbit-penerbit nasional ternama, seperti Gramedia Pustaka Utama, Gagas Media, Mizan, serta penerbit-penerbit lain yang buku-bukunya  bisa dibeli di toko buku-toko buku di seluruh Indonesia. 

Riawani Elyta
Telah menghasilkan 15 novel, 4 buku duet non fiksi, dan beberapa buku antologi. Diantaranya untuk novel : Hati Memilih, Yang Kedua (Bukune), A Cup of Tarapuccino (Indiva), A Miracle of Touch (Gramedia Pustaka Utama), The Coffee Memory (Bentang Pustaka),  Gerbang Trinil (Moka Media), Rahasia Pelangi (Gagas Media), dan lain-lain. Nonfiksi : Sayap-sayap Sakinah, Sayap-sayap Mawaddah (duet dengan Afifah Afra), Kitab Sakti Remadja Oenggoel, I Will Survive (duet dengan Oci YM). Penghargaan lomba menulis yang pernah ia raih, antara lain: Pemenang I Resensi Buku Indiva (2008), Pemenang II Sayembara Cerber Femina (2008), Pemenang Harapan Sayembara Cerber Femina (2009), Pemenang Hiburan Feature Ufuk Dalam Majalah Ummi (2009), Pemenang Favorit Lomba Menulis Cerpen Remaja Rohto-Lip Ice (2010), Pemenang II Sayembara Novel Inspiratif Indiva (2010), Pemenang I Lomba Novel Remaja Bentang Belia (2011, bersama Shabrina WS), Pemenang Berbakat Lomba Novel Amore Gramedia (2012), dan Pemenang Unggulan Novel Inspiratif Indiva (2014).


Leyla Hana
Telah menghasilkan 20 novel, 7 buku nonfiksi, dan beberapa buku antologi. Novel terbarunya adalah: Aku, Juliet (Penerbit Moka), Dag Dig Dugderan (Gramedia Pustaka Utama), dan Brisbane (DAR! Mizan). Buku nonfiksi terbarunya adalah : Suami dan Istri yang Dirindukan Surga (DAR! Mizan). Penghargaan menulis novel yang pernah diperoleh adalah Juara II Sayembara Menulis Novel Remaja Gema Insani Press (2002) dan Juara III Sayembara Menulis Novel Inspiratif Pro U Media (2009). Pendiri komunitas penulis Be a Writer (@BAWCommunity) ini juga seorang blogger aktif yang beberapa kali memenangkan lomba blog.





7 comments:

  1. Wah, keren juga nih kayaknya.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillaah
    Menjelang tengah malam, Allah tunjukkan aku untuk membuka Tweety dan yg muncul leylahana.

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillaah
    Menjelang tengah malam, Allah tunjukkan aku untuk membuka Tweety dan yg muncul leylahana.

    ReplyDelete