12 May 2016

6 TIPS MENJADI PENULIS PRODUKTIF DENGAN MENULIS CEPAT

6 TIPS MENJADI PENULIS PRODUKTIF DENGAN MENULIS CEPAT
Menjadi penulis produktif sekaligus bisa menghasilkan tulisan yang oke memang menjadi harapan hampir semua penulis baik yang berada di level pemula, lanjutan maupun mahir. Makin banyak tulisan yang dihasilkan maka makin meningkat pula kebahagiaan yang didapat setelah menyelesaikan sebuah tulisan, kebahagiaan jika tulisan itu dibaca dan bisa diterima banyak orang, termasuk kebahagiaan saat pundi – pundi penghasilan bertambah jika tulisan dimuat atau diterbitkan. 

Tetapi, tak selamanya kita bisa produktif menulis, apalagi jika dihadapkan dengan segudang kesibukan lain yang menguras energi dan waktu. Nah, menulis cepat bisa dijadikan solusi efektif agar tetap produktif di tengah kesibukan dan tuntutan tanggung jawab yang menggunung. Mengapa?
 
Karena dengan menulis cepat, waktu yang digunakan bisa lebih efektif dan efisien namun tetap bisa berkarya dan kita masih punya waktu untuk mengerjakan tugas-tugas yang lain. Berikut ini tips-tips mudah agar bisa menulis cepat dan tetap menghasilkan tulisan yang bagus :

  •  Banyak membaca
Ilmu dasar menulis adalah banyak membaca. Mau tak mau, suka tak suka, tak ada tawar – menawar. Jika ingin banyak menulis, maka banyaklah membaca. Dan yang juga  penting adalah menguasai teknik membaca cepat yaitu kecepatan menemukan poin – poin penting dalam sebuah bacaan dan menyimpulkan isi bacaan. Jadi sesibuk apapun kita, sempatkan diri untuk membaca.

Pssst, ingin tahu tips membaca cepat? Klik sini ya.:)
  • Berbicara dengan diri sendiri dan "menulis" dalam otak
Sebelum menulis, bayangkan rancangan tulisan dalam kepala/otak kita terlebih dahulu. Tidak perlu detil, cukup poin-poin penting yang menggambarkan awal tulisan, jalan cerita (untuk fiksi) atau inti topik (untuk non fiksi) secara umum dan tujuan penulisan.
Sama halnya dengan menulis dalam otak, berbicara dengan diri sendiri merupakan proses yang hampir sama. Intinya kita telah mempunyai gambaran apa yang ingin kita tulis sebelum kemudian menulisnya.
Bisa juga begitu ada ide, cepat kita tuliskan dalam notebook kecil agar ide tak menguap begitu saja. Pada saatnya nanti akan menulis, tinggal dikembangkan saja.

  •   Konsentrasi dan fokus.
Untuk bisa menulis cepat, dibutuhkan konsentrasi dan fokus yang sangat tinggi. Sama seperti pembalap, kecepatan adalah keharusan, maka menulis pun demikian, fokus dan konsentrasi, leburkan seluruh panca indera dalam tulisan yang akan kita buat dan abaikan seluruh gangguan yang ada di sekitar kita. 

  • Deadline dan disiplin
Tetapkan deadline dan disiplinlah terhadap deadline yang telah dibuat. Termasuk di sini buang kebiasaan menunda pekerjaan. Menunda pekerjaan membuat kita malas dan seluruh tubuh pun akan ikut terkondisi malas. Begitu selesai dengan satu pekerjaan, langsung kerjakan pekerjaan lain. Begitu juga dengan menulis. Memiliki kebiasaan yang baik akan sangat membantu melatih kecepatan kita menulis.

  •  Dahulukan otak kanan daripada otak kiri
Ini juga sebuah ilmu dasar menulis. Ketika menulis, menulislah dengan otak kanan yang imajinatif dan kreatif. Otak kiri diperlukan ketika membuat kerangka dan mengedit karena dalam proses ini diperlukan kesesuaian sebab akibat dan alur yang logis dan tugas ini adalah tugas otak kiri yang sistematis.

  • Menjaga kesehatan dan berlatih menulis
Kondisi tubuh yang fit sangat diperlukan untuk menjadi penulis yang produktif. Hindari hal – hal yang merusak tubuh dan jagalah kesehatan tubuh, pikiran serta jiwa/mental. Termasuk di dalamnya menjaga keseimbangan antara ketiga unsur pembentuk kehidupan tersebut terutama sisi spiritualitas agar jiwa dan mood berada dalam kondisi tenang. Dengan tubuh yang fit, latihan maupun praktek menulis bisa dengan mudah dilakukan.  Latihan menulis disini juga termasuk proses menbangun kerangka dan mengedit dengan cepat dan latihan mengetik dengan 10 jari.

Selain 6 tips di atas, tentunya kita juga bisa meningkatkan kemampuan menulis cepat dengan mengikuti pelatihan dan kursus menulis baik langsung maupun online dan tetap memotivasi diri untuk selalu menulis dalam berbagai kondisi
Jadi, menjadi produktif dengan menulis cepat, yuk mulai praktekkan!


******
Sebagian sumber tulisan dari : www.rayakultura.net

Riawani Elyta
Risa Mutia

1 comment:

  1. Iya, kadang sulit ya. Inginnya produktif tapi kenyataannya nggak semudah itu.

    ReplyDelete