9 December 2015

LIMA TIPS AGAR NOVELMU SEGERA SELESAI

gambar dari www.pixabay.com
Bulan ini ada banyak lomba penulisan novel maupun penerbit yang menerima naskah novel lho. Kalian punya draft naskah novel tetapi nggak kunjung selesai? Lima tips berikut ini mungkin bisa membuat Anda bersegera menyelesaikan novel Anda.


1. MOTIVASI
Apa motivasi Anda menulis novel? Apakah Anda ingin mengikuti jejak penulis novel idola? Apakah Anda memiliki cerita hebat yang ingin dibagi? Apakah Anda mempunyai pesan penting yang ingin disampaikan? Coba pikirkan lagi, apa motivasi Anda lalu kembalilah ke motivasi awal Anda.

2. TENTUKAN TARGET
Di Smart Writer, kami telah menentukan target yang hendak dicapai per programnya. Bisakah Anda menyelesaikan satu novel dalam waktu sembilan bulan? BISA! Kita telah mendapatkan contohnya. salah satu peserta terbukti berhasil menyelesaikan penulisan novelnya, kurang dari 9 bulan. Hanya 6 bulan saja. Anda bisa? Insya Allah, bisa!

3. TANGKAP IDE DI MANA SAJA
Kesibukan bukanlah penghalang untuk menyelesaikan novel Anda. Di mana pun dan  kapan pun, Anda bisa meluangkan waktu untuk menulis novel. Begitu ada ide, segera tangkap. Saya yakin Anda semua punya Smartphone bahkan ponsel sederhana pun memiliki fitur notes. Jika tidak punya ponsel, siapkan selalu buku catatan kecil di dalam tas Anda. Tulis semua ide yang muncul seketika. 

4. PERBANYAK  MEMBACA BUKU
Guru yang paling baik adalah buku. Kapan terakhir kali Anda membaca buku? Anda perlu membaca buku yang se-genre dengan ide Anda. Saya yakin bila Anda banyak membaca buku yang se-genre dengan ide Anda, Anda akan kembali bersemangat melanjutkan penulisan novel Anda.

5. ABAIKAN EDITING
Sebaiknya, tidak usah sibuk dulu mengedit novel Anda. Baru satu paragraf, edit. Satu paragraf, edit. Menulislah secara bebas. Jangan pedulikan kosa kata yang berantakan, EDY yang salah, dan sebagainya. Anda memiliki kami yang akan memberitahukan kesalahan-kesalahan dalam penulisan. Namun, pada saat menulis, tulislah SEBEBAS mungkin. Bebaskan imajinasi Anda. Bebaskan cara Anda menulis.

Oke, selamat melanjutkan penulisan novel Anda. Jangan ragu untuk bertanya kepada kami, karena itulah kami ada. 

Salam,
Leyla Hana

3 comments: